Selasa, 28 Jun 2016

Filled Under:

Bahaya Jika Tanaman Hiasan Ini Berada Di Halaman Rumah Anda


Lihat  Gambar tanaman hiasan diatas secara mendalam dan pasti anda akan perasan bahawa anda sering melihatnya, atau mungkin ada di halaman rumah.

Tanaman Hiasan ini umum disebut sri rejeki, beras wutah, dumb cane, pisang tanah dll.  Tanaman hias biasanya di tanam di sekitar rumah untuk mempercantik dan menyejukan rumah.

Namun tahukah anda ada tanaman hiasan, yang mungkin juga anda tanam di sekitar rumah.

Tidak hanya di rumah, Tanaman Hiasan Dieffenbachia juga sering ditemukan di pejabat kerajaan, taman dan sekolah-sekolah sebagai hiasan kerana daunnya cantik bila dilihat.

Tanaman hias ini berasal dari Kenya , Rwanda dan Uganda dan akan tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Daun yang besar dan hijau menjadi daya tarik bagi  ibu untuk menanam di sekitar rumah.

Jika anda masih menyayangi anak-anak dan keluarga anda, musnahkan pohon hiasan ini segera, atau jauhkan darijangkauan anak-anak.

Sekiranya anda menanam pohon di rumah, menaruhnya di ruang tamu, pastikan selepas membaca posting ini segera pindahkan pohon ini ke tempat yang jauh dari anak-anak anda.

Racun tanaman hias jenis ini memiliki racun pada bagian getahnya, pada bagian daun dan batang yang dapat menyebabkan gatal dan kejang bahkan jika terkena kerongkongan dapat menganggu saluran pernafasan yang berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian.

 Hal ini dikarnekan kandungan Kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel disebut Rafida yang bentuknya seperti jarum.

Anak-anak yang suka menggigit-gigit benda terutama yang berumur 1 sampai 3 tahun yang tidak tahu apa-apa mungkin saja memetik daun pohon hiasan ini jika anda letakkan diruang tamu atau teras depan rumah anda, jadi segera pindahkan jauh jauh.

Reaksi awal racun ketika menggigit daun tanaman ini adalah lidah anda akan membengkak dan dengan segera mengganggu pernafasan anda. Ini akan menyebabkan kematian kerana dada anda terasa sesak dan tidak dapat bernafas.

Ada sedikit cerita nih Bunda tentang pengalaman salah seorang yang pernah mengalami efek dari racun tanaman tersebut.

Dulu masih kecil usia sekitar 3 tahun saya bermain dengan anak anak kecil disekitar rumah. Disitu kami bercanda tawa dan bernyanyi bersama, saat bernyanyi nyanyi bersama ada yang mengambil papan sebagai replika keybord, ada yang mengambil daun pisang, ada yang mengambil daun jati sebagai replika gitar dan dari situ muncul ide saya untuk menjadikan daun tanaman bahagia/sri rejeki sebagai replika gitar.

 Karena sulit untuk di potong dengan menggunakan tangan akhirnya sayapun berusaha memotongnya dengan menggunakan gigi, dalam dua kali gigitan yang cukup cepat tiba tiba lidah dan mulut saya terasa bagaikan ditusuk tusuk oleh jarum, lidah kemudian terasa kaku dan akhinya sayapun menangis sejadinya.

Sangat kebetulan waktu itu saya tidak menelan ludah sehingga racun tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Mengetahui kejadian itu orangtua saya bergegas menyuruh saya untuk berkumur dengan menggunakan air garam. Entah apakah itu obatnya atau bukan yang jelas setelah beberapa jam keadaan mulut dan lidah saya kembali berangsur angsur normal.

Demikian tadi pengalaman saya terkena racun dari tanaman ini, karena rasanya yang menyakitkan kejadian itu tidak pernah saya lupakan hingga saya dewasa dan memiliki anak.

Bagi anda para orang tua sebaiknya menjauhkan tanaman ini dari jangkauan balita anda karena meskipun indah tanaman ini mengandung racun yang berbahaya.

Getah daun dan batang Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat yang berbentuk jarum di dalam sel-selnya dan dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah.

Meskipun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini dapat menyebabkan syok, dan walaupun langka,

kematian apabila kejang mengganggu saluran pernapasan. Anak-anak dan hewan peliharaan rentan akan bahaya ini.

nah selain tanaman SRI REZEKI di atas ada juga nih daftar tumbuhan yang berbahaya :

Tanaman Angel’s Trumpet


Tanaman ini juga merupakan jenis tanaman beracun, bunga dari tanaman ini cukup indah dan mempesona. Perlu anda ketahui tanaman ini mengandung zat hallucinogen yang merupakan zat yang dapat membuat seseorang mengalami halusinasi, karena inilah tanaman bunga terompet termasuk salah satu NARKOTIKA.

Kandungan yang terdapat didalam bunga terompet atau bunga kecubung ini adalah atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat penghilang kesadaran atau anticholinergics.

Bunga Nerium Oleander


Meskipun tidak seekstrim Gympie Gympie tanaman Bunga Nerium Oleander juga harus anda pikirkan ulang jika ingin menanamnya di tanamn rumah anda.

Tanaman hias ini dikenal sangat cantik dan rajin berbunga bahkan tanaman ini sering dijadikan sebagai hiasan umum.

Tanaman hias ini mengandung racun seperti Oleandrin dan Neriine yang dapat menyebabkan gangguan sistem saraf, ganggaun pencernaan hingga menganggu kerja sistem peredaran darah.

yang lebih parah gejala yang ditumbulkan dapat terjadi secara bersamaan. Jika terkena racun dari tanaman ini korban dapat mengalami gejala mual, muntah, tubuh bergetar, denyut jantung tidak teratur, rasa sakit yang amat sangat pada kepala, koma, hingga kematian.

Getah dari tanaman ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutaan pada mata. Oleh karena itu jika anda memiliki tanaman hias jenis ini sebaiknya berhati hati dengan getah yang dimilikinya.

Gympie Gympie


 Tanaman ini memiliki racun yang sangat mematikan, ciri ciri dari tanaman ini memiliki daun seperti hati dan biasanya tumbuh di hutan hujan di Timur Laut Australia dan Maluku, Indonesia.

Tananaman ini mampu membunuh anjing, kuda bahkan manusia. Orang yang beruntung bisa bertahan hidup dari racun tanaman ini.

Jika anda sedang pergi kehutan sebaiknya berhati-hati jika melihat tanaman jenis ini karena sakit yang ditimbulkan bisa berbulan bulan hingga bertahun tahun.

Meskipun tanaman ini telah kering selama beratus-ratus tahun namun racun yang terkandung didalamnya masih tetap ampuh dan menyakitkan.

Gympie Gympie memiliki daun berbentuk hati dengan buah berwarna ungu, daun batang dan buah tanaman ini biasanya ditumbuhi bulu halus. bulu halus inilah yang mampu menembus kulit korbannya dan melepaskan racun moroidin.

 Terkadang hanya berdiri di dekat tanaman ini anda bisa merasakan gatal bahkan hingga mimisan darah karena terkena rontokan bulu dari tanaman ini.Perhatikan dengan seksama gambar dari tanaman ini dan jika anda pergi kehutan dan melihat tanaman ini sebaiknya segera menghindar.

Sumber:Tribunnews4




0 ulasan:

Catat Ulasan